Pemateri :
1, Cuk Widyanto SH., MM (Membangun Brand Awarness)
2. BPR Anjuk Ladang (Promo Produk Jasa Permodalan)
3, Mega Elektronik (Promo Produk Elektronik)
4. ? (Photo dan Video Content Kreatif Marketing)
Peserta Yang terdaftar
form Keturutsertaan/pendaftaran
Ilustrasi :
Dalam membangun usaha, diperlukan strategi marketing yang tepat agar pengembangan bisnis lebih optimal dan terus menghasilkan keuntungan.
Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Jika budget yang dimiliki tidak terlalu banyak, Anda mungkin lebih baik membuka usaha kecil sebelum akhirnya menjadikan usaha Anda sebagai usaha berskala besar.
Dalam memasarkan produk, ada istilah yang dikenal dengan nama biaya pemasaran atau marketing cost.
Dalam arti sempit, biaya pemasaran ini adalah biaya yang dikeluarkan untuk menjual atau membawa produk ke pasar.
Biaya ini harus diperhitungkan karena akan memengaruhi harga pokok penjualan sebuah produk.
Contoh dari biaya pemasaran adalah biaya iklan, biaya pemeliharaan, gaji salesman, komisi, sewa gudang, dan lain-lain. Biasanya, semakin besar usaha yang Anda kelola, biaya yang dikeluarkan juga semakin besar.
Bagaimana dengan usaha yang kecil? Apakah biaya pemasaran bisa ditekan atau bahkan dihilangkan?
Dengan modal kecil, bukan berarti pilihan Anda terbatas, ada banyak jenis usaha yang bisa Anda jalankan dengan modal yang tidak begitu besar.
Tentunya bantuan teknologi internet akan berperan cukup besar dalam bisnis Anda.
Strategi pemasaran digital pun bisa Anda lakukan lewat media sosial, sehingga Anda tidak perlu membuka toko fisik untuk menjual produk Anda.
Hal ini dapat meminimalisir biaya yang perlu dikeluarkan jika Anda baru membangun usaha.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar